Membersihkan Personal Computer

Meski anda belum begitu mengenal Piranti Komputer tetapi untuk urusan bersih-bersih tentunya anda juga bisakan... nah ini dia yang perlu anda bersihkan pada piranti PC:

Grill kipas sisi casing : Tak ubahnya fentilasi udara di rumah, grillpun juga demikian berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara yang biasanya juga terpasang kipas yang berfungsi sebagai pendingin tambahan selain daripada heatsing, sekaligus meniup debu yang melekat pada piranti dalam. Makanya pemasangan kipasnya untuk bagian sisi samping mengarah ke dalam. Namun karena letaknya yang melekat pada papan dengan penampang yang cukup luas lagi tipis sehingga mengeluarkan suara berisik karena getaran yang dihasilkan kipas. Jadi pilih kipasnya kalo bisa yang rpm-nya gede namun minim getaran.


Sebelum dibersihkan:


Setelah dibersihkan:



Bagian Dalam casing : Buat yang g'males n ngerti instalasi/ perakitan mungkin buat membersihkan bagian dalam akan sangat merepotkan jika peripheral/ komponennya pada masih terhubung satu sama lain, namun buat newbie/ pemula g'perlu membongkar cukup tiup menggunakan pompa atau kompresor, tp jangan terlalu kengceng lo ya

Sebelum dibersihkan:


Setelah dibersihkan:



Motherboard : Tiap bagian dari komputer sangatlah sensitif, makanya perlu adanya perawatan berkala dari si pemilik. Namun juga perlu diperhatikan dalam membersihkan bagian dalam sangat tidak direkomendasikan menggunakan alat bantu pembersih yang mengandung zat cair seperti serbet basah.


Sebelum dibersihkan:

Setelah dibersihkan:

Lobang Kipas bawah Casing: Sama halnya dengan Grill samping casing, yang satu ini juga berfungsi sebagai fentilasi hanya saja kipas mengarah ke luar karena difungsikan sebagai penyedot debu dalam casing serta pembuang hawa panas. Lobang pembuangan yang sama juga terdapat pada bagian belakang casing tepatnya dibawah lobang kipas Power Supply.

Sebelum dibersihkan:
 
Setelah dibersihkan:

Power Supply: Jika anda tau adaptor kurang lebih power supply memiliki fungsi serta cara kerja yang sama, yaitu mengubah tegangan listrik AC ke DC serta membaginya menjadi tegangan kecil yang disesuaikan dengan kebutuhan komponen elektronik, dalam hal ini peripheral PC.


Sebelum dibersihkan:
 
Setelah dibersihkan: 


Panel Depan Casing: Istilah panel bisa berarti tombol atau konektor yang berfungsi menghubungkan dua arus agar terjalin koneksi.

Sebelum dibersihkan:
 
Setelah dibersihkan:

Piranti Tambahan: Modem & Router akan sangat anda butuhkan manakala komputer anda ingin terhubung dengan jalur internet sehingga akan ada banyak kabel yang terhubung. Jika anda tidak menatanya dengan rapi tentunya akan menjadi pemandangan yang g'sedap dipandang mata & akan menyulitkan anda saat akan ada perbaikan atau penggantian nantinya.

                                                                  Sebelum dibersihkan:
Yang atas itu Cable Modem, yang dibawah itu router nya ...

Setelah dibersihkan: 
                                      Ko' cuman dibersihkan, g'dirapikan? hehehe....


Sumber: http://hanz222.blogspot.com/

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...