Membuat Saklar Lampu Otomatis dengan Penentu Waktu Pada Jam Waker

Sedikit melenceng dari kontek blog; Saking bingungnya mo posting apa awal-awal baru bikin blog. yawdah terima dulu yang ini ya...

Penemuan ini terilhami pada saat saya menjadi anak kos di Malang Jawa Timur. Kala itu saya hendak mudik kekampung halaman dalam kurun waktu yang cukup lama untuk berlibur, tapi saya merasa was-was takut saat kamar saya tinggal berlibur ada orang tak dikenal yang menyatroni. pada saat itulah muncul ide kreativitas saya untuk menciptakan sebuah alat sederhana yang bisa menghidup dan mematikan lampu kamar kos saya secara otomatis, tujuannya tidak lain untuk memberi kesan bahwa si pemilik kamar yaitu saya masih menempati kamar tersebut, sehingga orang yang bermaksud menyatroni kamar saya mengurungkan niat buruknya alias tidak jadi bertamu, karna memang saya gak ada...

Caranya cukup sederhana; sediakan jam waker, baterai baru dan juga kabel dengan ukuran menyesuaikan jarak antara lampu dan jam waker seberapa jauh anda letakkan. jika anda inginkan setiap jam 5 pagi lampu kamar anda mati dan pada jam yang sama sore harinya lampu menyala, maka hal yang harus anda lakukan adalah men-set/ mengarahkan penanda dering jam waker pada jam 5, jangan lupa untuk menghidupkan saklar dering pada posisi ON. kemudian baterai baru silahkan dipasangkan pada jam waker. kenapa harus pakai baterai baru? perlu anda ketahui bahwa dengan menghidupkan dering pada jam waker dalam kurun waktu yang lama tentunya konsumsi daya yang dibutuhkan jam waker tersebutpun juga lebih, maka dari itu sebagai langkah antisipasi kita gunakan saja cara aman yaitu dengan menggunakan baterai yang baru. pada dasarnya baterai baru pada jam waker bisa saja digantikan dengan pengatur tegangan listrik atau biasa disebut "adaptor", sehingga daya yang dibutuhkan jam waker tidak lagi berasal dari baterai melainkan langsung dari aliran listrik DC yang dihasilkan/ disesuaikan kebutuhannya oleh adaptor tadi. Adaptor merupakan bentuk external dari Power Supply pada Personal Computer yang pada intinya memiliki kesamaan fungsi yaitu membagi tegangan listrik sesuai yang dibutuhkan piranti hardware.

berikutnya adalah cara instalasi/ merakit lampu, kabel dengan jam waker. Bersambung...

Tag:  Saklar Lampu dengan Remote Control

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...