Istilah-istilah Membingungkan (Vol.1)

Baiklah pada posting kali ini kita akan membahas beberapa istilah ambigue, yaitu istilah yang hampir memiliki kesamaan tapi sebenarnya berbeda. kita mulai dari yang sederhana:

1. Hardware VS Software
 Ibarat Manusia; Hardware sama dengan Jasmani, sedang Software sama dengan Ruhani

2. Update VS Upgrade
Update = Mengganti/ memperbaharui sebagian kecil komponen dari sebuah program ke versi terbaru, sedangkan Upgrade = Mengganti/ memperbaharui sebagian besar atau bahkan seluruh komponen dari sebuah program ke versi terbaru. Contoh: Update dan Upgrade pada anti virus AVG


3. Browser VS Search Engine
Bowser = Mesin pencari informasi yang digunakan dalam  berinternet dan biasa disebut dengan portal atau pintu gerbang; yang dapat menghubungkan user/ pengguna internet menuju langsung ke sebuah halaman yang di inginkan. Contoh browser: Mozilla Firefox, Internet Explorer, dll.
Search Engine = Sebuah program yang didesain untuk meng-index atau mendeteksi secara berurutan informasi yang sedang dicari di dunia maya/ internet berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Contoh Search Engine: Google, Yahoo, dll

4. Gadget VS Widget
Apa itu Widget dan apa pula itu Gadget?
Mungkin buat Newbie/ pemula akan bertanya demikian...

Widget n Gadget merupakan aplikasi mini yang dapat mempercantik tampilan website/blog yang dilampirkan dalam sebuah website maupun blog pribadi dengan tujuan tertentu dari pihak pembuatnya dan juga pemilik websites-blogs tsb.

Widget lebih bersifat fleksibel dalam artian bisa digunakan atau dipasang pada pelbagai jenis websites/ blogs, sedangkan Gadget lebih bersifat khusus, jadi tidak bisa sembarang pakai. aplikasi atau fitur tambahan semacam Gadget ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan "Addons" alias bawaan.

Catatan: Penggunaan Gadget Widget dalam jumlah besar dapat memperlambat kecepatan akses ke situs. Selain itu G'smua websites/ blogs dapat dipasang Gadget-Widgets alias g'support. Jika yang demikian terjadi pada website anda coba adja dengan app yang lebih sederhana seperti "Badge".

5. Plugins VS Addons
 Plugins = Fitur tambahan yang disediakan sebagai program layanan yang berfungsi sebagai file sharing atau berbagi-pakai dan dapat digunakan pada banyak halaman website, Contoh: Twitter n Facebook Platform, dll.
sedangkan Addons = Fitur tambahan yang disediakan khusus sebagai program bawaan dari sebuah program inti yang siap di install sewaktu-waktu dibutuhkan. Contoh: Gadget Wordpress, Toolsbar pada pada browser, dll


Bersambung...


Tag: http://www.total.or.id

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...